KONSEP BAHASA PEMOGRAMAN

23.26 ReynoAR 0 Comments




KONSEP DASAR PEMROGRAMAN


PROGRAM          : Merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh                               programer atau suatu bagian executable dari suatu software.
PEMROGRAMAN             : Suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan                                         sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti                               oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman
 
DATA : Bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga  dapat dipergunakan 
                  oleh user atau pemakai.
Tipe data yang biasa digunakan adalah :
1. Tipe Data Dasar : merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan
                                                  oleh bahasa pemrograman.
    Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu :

   a. Tipe Data Numerik : disetiap bahasa pemrograman dapat dipastikan ada tipe data 
                                                      numerik yaitu menyimpan data berupa angka.
        - Integer                      : merupakan bilangan bulat positif dan negatif
        - Subrange                  : merupakan sebuah subtype dari tipe data integer dan                                                                   terdiri dari urutan nilai-nilai integer dalam range yang                                                             tebatas.
        - Floating-point Real               : biasa disingkat dan disebut tipe data riil.
        - Fixed-point Real    : Bilangan fixwd-pont direpresentasikan dengan urutan digit                         yang mempunyai panjang tetap dengan titik desimal                                                             diposisikan ditempat yang diberikan antara dua digit.
        - Lain-lain                     : Tipe data lainnya adalah bilangan kompleks dan bilangan rational.
    b. Enumerasi  : adalah suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
    c. Boolean       : tipe data untuk merepresentasikan True atau False.
    d. Character   : tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.
    e. Internationalization : disebut I18N
2. Tipe Data Terstruktur : merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar,
                                          contohnya array, record, string, list dan file.
3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai : tipe data ini biasanya disebut Enumerasi.
4. Tipe Data Penunjuk : contoh tipe data penunjuk adalah pointer.

MODEL KOMPUTASI
Model Komputasi  : adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi.
Ada 3 dasar model komputasi :
1. Model Fungsional
    Model perhitungan yang fungsional terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi
    aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.
2. Model Logika
    Logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan
    kesimpulan logis.
3 Model Imperative
   Model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup
   suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.


DEFINISI SINTAKS, SEMANTIK DAN PRAGMATIS
SINTAKS               : Aturan gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur                     tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lain.
Contoh : Pada pembuatan program Pascal antara 2 statement dipisahkan oleh ; (titik     
               koma)
               X:=1;  X:=X+1;
SEMANTIK          : Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks                         dari bahasa pemrograman tersebut.
Contoh : Pada pembuatan program C
               int vector[10]
               Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10
PRAGMATIS       : Menguraikan derajat tingkat sukses dengan suatu bahasa                           pemrograman kepada model perhitungan dalam kegunaannya                               untuk para programer.

Prinsip-prinsip Desain Bahasa Pemrograman
a. Clarity, Simplicity dan Unity
    Bahasa pemrograman harus dapat menolong programer untuk membuat suatu desain
    program jauh sebelum programmer melakukan coding.
    Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu
    programmer mengembangkan suatu algoritma sehingga algoritma yang dihasilkan
    mempunyai kompleksitas yang rendah.


b. Orthogonality
    Orthogonality menunjuk kepada suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam
    fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat
    digunakan.
c. Kewajaran untuk Aplikasi
    Bahasa pemrograman membutuhkan syntax yang tepat/cocok yang digunakan pada
    struktur program untuk merefleksikan struktur logika yang melandasi suatu algoritma.
d. Mendukung Abstraksi
    Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programmer untuk membuat
    suatu solusi dari masalah yang dihadapi. Kemudian abstraksi tersebut dapat dengan
    mudah diimplementasikan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam bahasa
    pemrograman.
e. Kemudahan untuk Verifikasi Program
    Verifikasi program merupakan hal penting bagi sebuah program karena dengan
    verifikasi yang mudah maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan
    dikembangkan.
f. Lingkungan Pemrograman
   Bahasa pemrograman yang mempunyai lingkungan pemrograman yang baik dan
   lengkap akan memudahkan programmer  untuk mengimplementasikan abstraksi
   yang sudah disusunnya.
g. Portabilitas Program
    Salah satu kriteria penting untuk proyek pemrograman adalah kemudahan program
    yang sudah jadi untuk dipindah-pindahkan dari komputer yang digunakan untuk
    membuat dan mengembangkan ke komputer lain yang akan menggunakannya.
h. Biaya Penggunaan
    Biaya merupakan elemen penting dalam mengevaluasi suatu bahasa pemrograman.
   
    Ada beberapa biaya yang dapat diukur yaitu :
    1. Biaya Eksekusi Program
    2. Biaya Translasi/kompilasi Program
    3. Biaya Penciptaan, Testing dan Penggunaan Program
    4. Biaya Pemeliharaan Program

0 komentar: